CARA MUDAH BERTERNAK ULAR

Cara Mudah Berternak Ular - Peluang bisnis bagi pecinta ternak, ternak ular merupakan salah satu peluang bisnis yang bisa dicoba untuk menghasilkan pendapatan Anda. Syarat utama yang harus
dimiliki oleh calon peternak ular adalah tidak takut terhadap ular. Banyak manfaat yang bisa diambil dari seekor ular, diangtaranya: kulit ular sebagai bahan dasar berbagai kerajinan (tas, sepatu, ikat pinggang dll), darah ular tertentu oleh sebagian orang bisa dimanfaatkan, dan masih banyak lagi.
Salah satu ternak ular yang sudah berhasil adalah ular jenis sanca kemmbang, yang merupakan jenis ular terpanjang dan terbesar di dunia dan memiliki umur sekitar 25 tahun. Ular betina memiliki ukuran yang lebih besar dibanding jantan. Pada usia kawin ular sanca jantan memiliki panjang tubuh sekitar 7 - 9 kaki, betina panjangnya sekitar 11 kaki dan berusia rata-rata 2-4 tahun. Musim kawin ular berlangsung antara bulan september hingga maret. Ular sanca jantan maupun betina akan berpuasa ketika tiba musim kawin. Betina akan berpuasa hingga bertelur dan sangat mungkin sampai telur menetas.
Ular sanca kembang bertelur antara 10 - 100 butir, dan dierami pada suhu 31-32 derajat Celcius selama 80-90 hari. Dalam nengerami telur-telurnya, ular akan melingkari telur sambil berkontraksi untuk meningkatkan suhu pengeraman. Betina akan selalu menjaga telur-telurnya hingga menetas dan setelah menetas ditinggalkan begitu saja dan nasibnya diserahkan kepada alam.
Makanan utama ular sanca kembang adalah mamalia keci, burung dan reptilia. Untuk memangsa makananya ular sanca dengan cara melumpuhkan mangsa dengan melilitnya kuat-kuat hingga mati kehabisan nafas. Setelah mangsanya mati baru ditelan bulat-bulat mulai dari kepalanya. Setelah makan mangsa yang besar, ular akan berpuasa beberapa hari hingga beberapa bulan sampai ular tersebut lapar kembali.
Ular sanca yang berukuran sedang sering dijadikan pameran untuk hiburan, karena keindahan ular tersebut.